Ad Code

TERBARU

6/recent/ticker-posts

Carut Marut Dunia Pendidikan

Susahnya Berbahasa Inggris

Kenapa susah sekali menjadi bias berbahasa Inggris hanya melalui jalur pendidikan formal(baca Sekolah)
6 tahun bahkan lebih untuk anak-anak sekarang belajar dan diperkenalkan dengan bahasa inggris. Dari SD bahkan sekarng sejak PAUD pun sudah diperkenalkan dengan bahasa inggris.
Tapi ironis ,coba hitung berapa orang yang pandai berbahasa inggris setelah lulus SLTA yang Notabene sudah belajar bahasa inggris paling sedikit 6 tahun,(bahkan lebih).
Ada apa ?
Kenapa demikian ?
Pertayaan ini pantas kita ungkapkan untuk suatu hal yang seharusnya tidak terjadi…….
Sedikit renungan dan flashback kenapa bias demikian…
Sejak awal system pemebelajaran Bahasa Inggris yang diterapkan di sekolah Khususnya sekolah umum adalah salah (menurut saya) sehingga akhirnya Gatot….alias gagal total.
Untuk masa saya dulu,masuk SMP pelajaran bahasa inggris sudah bikin malas hamper seluruh siswa,kenapa demikian…..sodoran awal pelajaran bahasa inggris adalah tense atau struktur kaliamat dengan sederet rumus (yang belum-belum udah bikin jiper tuh siswa)….
Simple Present Tense, Present Continous Tense, Present Perfect Tense dll dengan berbagai rumus yang ditambah lagi dengan beberapa pengecualian yang malah bikin puyeng….
Apa guna pemebelajaran diatas? Apakah orang pengguna bahasa inggris tahu tentang hal itu(orang amirika ,orang australi ,singapura ) wkwkwk    ane yakin mungkin hanya 1 dari lima piluh orang yang benar-benar paham hal itu.
apakah dengan itu kita bisa lancar berbahas inggris…………
Contoh gampangnya apakah orang-orang yang dijakarta yang berbasa Indonesia tahu mana subyek,predikat obyek dll itu…. Nah…
Tidak perlu tahu itu,tapi mereka toh lancar berkomunikasi dengan bahasa Indonesia…
Jadi dari contoh diatas seharusnya system pemebelajaran bahasa inggris disekolah mesti dirubah….
Jangan bebani mereka dengan rumus-rumus tense yang nggak jelas itu…
perbanyak perbendaharaan kata. latih mereka untuk berbicara..mau benar –mau salah yang penting audien bisa mengerti maksud dan tujuan dari apa yang ingin dikomunikasikan…selesai.  Cukup itu.
Ketika orang sudah mempunyai banyak berbendaharaan kata dalam bahasa inggris.dan ketika mereka sudah bias berkonukasi dengan sendirinya mereka akan mengerti tense-tense itu…..

Posting Komentar

0 Komentar